TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN
TERHADAP PELAYANAN PADA TOKO CAHAYA BARU ELEKTRONIK
VIVIAN/11208268/3EA10
PENDAHULUAN
Dewasa ini dunia usaha sangat berkembang dengan pesat, hal ini disebabkan adanya ide kreatif dan inovatif. Seiring dengan ide tersebut konsep pemasaran pun turut berkembang. Kegiatan pemasaran sekarang sudah mulai difokuskan pada pemuasan kebutuhan konsumen. Pada umumnya setiap usaha bertujuan untuk mencari keuntungan, tujuan tersebut tidak terlepas dari kegiatan pemasaran. Pemasaran itu sendiri sudah harus dipikirkan jauh hari sebelumnya, agar lebih tepat pada sasaran konsumen. Karena konsumen yang potensial akan mempertimbangkan berbagai faktor, diantaranya faktor kualitas produk, kepuasan konsumen dan fasilitas yang ada sebelum memilih tempat yang dapat memberikan kepuasan tertinggi terhadap konsumen.
Disaat krisis ekonomi seperti ini banyak masyarakat merasakan dampak pengaruhnya, hal ini yang membuat masyarakat berfikir untuk mendirikan usaha kecil, khususnya membuka toko elektronik. Dalam pengembangan suatu usaha dibutuhkan sistem pemasaran yang tepat. Pemasaran merupakan salah satu unsur terpenting dalam kegiatan usaha toko elektronik.
Sebagai usaha yang bergerak dalam bidang penjualan, maka tingkat kepuasan konsumen sangat berpengaruh terhadap laba usaha tersebut. Demikian juga dalam mengambil keputusan mengenai alternative pilihan jenis usaha, para pemilik modal akan mempertimbangkan berbagai faktor dalam menjalankan usahanya. Faktor tersebut diantaranya meliputi kualitas produk dan kepuasan konsumen dalam memberikan kepuasan tersendiri terhadap pembeli.
RUMUSAN DAN BATASAN MASALAH
Rumusan Masalah
Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah “apakah konsumen merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh Toko Cahaya Baru Elektronik?” berdasarkan 5 (lima) dimensi, yaitu kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan berwujud.
Masalah Penelitian
1. Apakah kualitas produk mempunyai pengaruh yang positif terhadap kepuasan pelanggan?
2. Apakah kepuasan konsumen mempunyai pengaruh yang positif terhadap tingkat kepuasan pelanggan?
3. Apakah kualitas produk, kepuasan konsumen secara bersama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap tingkat kepuasan pelanggan?
TUJUAN PENELITIAN
Tujuan penulis dalam melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh Toko Cahaya Baru Elektronik yang diukur dari 5 (lima ) dimensi, yaitu kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan berwujud.
KERANGKA TEORI
Konsumen merupakan asset yang tidak bisa ternilai bagi sebuah usaha produk atau jasa. Hal ini disebabkan adanya konsumen sebagai pihak yang membutuhkan produk atau jasa yang ditawarkan oleh jenis usaha toko tersebut, agar produknya disenangi oleh konsumen maka produk yang dijual harus dalam kualitas yang baik.
Kotler (1997), kepuasan konsumen adalah senang atau kecewa seseorang yang berasal dari perbandingan antara kesan terhadap kinerja (hasil) sesuatu produk dengan harapannya.
Dalam persaingan yang semakin ketat diantara usaha elektronik saat ini maka peningkatan kepuasan konsumen menjadi prioritas utama dimana kualitas produk dan pelayanan konsumen harus diperhatikan guna tercapainya laba usaha yang meningkat dan kepuasan konsumen yang tinggi.
Atas dasar uraian tersebut menggambarkan bahwa kualitas produk dan pelayanan konsumen merupakan faktor utama yang dapat mempengaruhi terciptanya kepuasan konsumen terhadap produk.
METODE PENELITIAN
Data atau Variabel yang digunakan
Jenis data yang diperoleh pada penelitian ini dalah data primer. Untuk menjawab permasalahan tentang tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan pada toko cahaya baru elektronik. Dalam penelitian ini dilihat dari 5 (lima ) dimensi, yaitu : Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Empati dan Berwujud.
Metode Pengumpulan Data dan pengambilan Sampel
Dalam penelitian ini, pengumpulan data menggunakan data primer yaitu dengan kuesioner dan wawancara serta data sekunder. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Sampling.
Alat Analisisa Data yang digunakan Uji Validitas
Validitas adalah pernyataan sampai sejauh mana data yang ditampung pada suatu instrumen penelitian, seperti kuesioner dapat mengukur apa yang ingin diukur.
SIMPULAN DAN SARAN
SIMPULAN
· Kualitas produk mempunyai pengaruh yang positif terhadap kepuasan pelanggan pada produk yang dijual di Toko Cahaya Baru Elektronik.
· Kepuasan konsumen mempunyai pengaruh yang positif terhadap tingkat kepuasan pelanggan pada produk yang dijual di Toko Cahaya Baru Elektronik.
· Konsumen (pelanggan) Toko Cahaya Baru Elektronik merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh Toko Cahaya Baru Elektronik.
· Konsumen (pelanggan) merasa puas atas kinerja yang diberikan oleh Toko Cahaya Baru.
SARAN
· Memberikan dan meningkatkan pelayanan yang dapat memuaskan konsumen
· Memperhatikan kualitas barang dan penanganan penukaran barang yang rusak pada dimensi jaminan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar