Sabtu, 05 Maret 2011

ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA

ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA

Manajemen Dalam Hidup

 

Dalam setiap perusahaan peranan manajemen sangatlah penting sekali, karena setiap bagian atau pekerjaan di dalam perusahaan sangat dibutuhkan kemampuan manjemen agar setiap kegiatan perusahaan dapat berjalan dengan lancar dan akhirnya mendapat keuntungan bagi perusahaan. Apabila dalam perusahaan setiap pekerja dan pekerjaan tidak mengenal manajemen maka tentu saja perusahaan tersebut tidak akan bertahan lama, apalagi di saat ini persaingan antar perusahaan sudah sangat ketat sekali. Dalam buku yang saya dapat, yaitu : ‘Pengantar Bisnis Modern’ yang di tulis oleh Dr. Basu Swasta DH., SE., MBA dan Ibnu Sukotjo W. SE, penerbit LIBERTY, Yogyakarta, Profesor Oei Liang Lee mengemukakan bahwa arti Manajemen adalah ilmu dan seni merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan, mengkoordinasi serta mengawasi tenaga manusia dengan bantuan alat-alat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Oleh karena itu dalam suatu manajemen telah mencakup perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian serta pengawasan.
Sekarang ini, diharapkan setiap orang dapat memahami pentingnya manajemen, karena manajemen tidak hanya digunakan apabila sudah bekerja di perusahaan, tetapi manajemen juga di butuhkan dalam hidup sehari-hari, seperti saat kita Sekolah, mengerjakan tugas rumah, menyusun pengeluaran belanja keluarga, dsb. Selain diharapkan untuk memahami pentingnya manajemen, semua orang juga dituntut untuk mulai me ‘manage’ dirinya sendiri dengan baik, agar kelak di masa yang akan datang, hidupnya akan lebih terarah untuk mencapai kesuksesan.
Maka tidak heran bahwa orang-orang yang sekarang telah mendulang sukses, semua itu tidak lepas karena dirinya di masa lalu telah menerapkan manajemen, baik didalam hidupnya sendiri maupun lingkungan luar dan lingkungan perusahaan yang baik dan benar. Dalam hidup manajemen sebenarnya tidak dilihat apakah dia dari status kekayaan atau pun sebagainya, karena orang yang kurang mampu pun apabila dia melakukan manajemen hidupnya dengan baik, pasti dikemudian hari akan mencapai kesuksesan yang dia harapkan, dan mungkin semua orang yang didekatnya tidak akan percaya akan hal tersebut. Tidak sedikit orang-orang yang dianggap kurang mampu tersebut mencapai kesuksesan, Kita dapat mengetahui bahwa beberapa orang yang sekarang telah sukses dulunya merupakan orang yang kurang mampu, baik fisik maupun keuangan. Oleh karena itu, janganlah seseorang menganggap dirinya tidak sempurna atau tidak memiliki sesuatu kemampuan (skill) yang hebat, karena memang setiap manusia yang ada tidak ada yang sempurna, sedangkan untuk kemampuan itu sendiri dapat kita asah dan kita pelajari mulai dari sekarang, karena tidak ada hal yang tidak akan mungkin terjadi di dalam hidup ini apabila seseorang berusaha dan tidak menyerah. Oleh karena itu, mulailah dari sekarang kita me-Manage diri dan hidup kita sendiri dengan baik!!

Sumber : http://susianty.wordpress.com/page/3/

 



Menganalisis Kesalahan Berbahasa
-        Penulisan gelar pada Dr. Basu Swasta DH., SE., MBA dan Ibnu Sukotjo W. SE seharusnya yang benar adalah Dr. Basu Swasta DH., S.E, MBA dan Ibnu Suktjo W. S.E
-        Pada kalimat “apalagi di saat ini persaingan antar perusahaan sudah sangat ketat sekali” seharusnya pada kata apalagi diubah menjadi kata sedangkan dan pada kata sekali seharusnya tidak perlu digunakan lagi karena sudah terdapat kata sangat didepannya.
-        Pada kalimat “agar kelak di masa yang akan datang, hidupnya akan lebih terarah untuk mencapai kesuksesan”. Pada kata kelak tidak perlu digunakan karena kata kelak menyatakan masa yang akan datang, itu sama saja mengulang kembali kata yang sudah digunakan.
-        Tidak terdapat penempatan tanda baca setelah kalimat “oleh karena itu” dan “maka” seharusnya setelah kalimat tersebut terdapat tanda baca berupa tanda koma.
-        Pada kalimat “karena memang setiap manusia yang ada tidak ada yang sempurna” seharusnya kata memang tidak perlu digunakan agar tidak terjadi kerancuan kalimat.




Tulisan ke 1 Bahasa Indonesia 2
Nama  : Vivian
NPM   : 11208268
Kelas  : 3ea10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar