Rabu, 29 Desember 2010

ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN PADA TB. BUMI NUSANTARA


Tugas Metode Riset (Bab I-V)
Tema : Kepuasan Konsumen

BAB V
PENUTUP


5.1 Kesimpulan
            Dari hasil observasi terhadap 100 responden, serta berdasarkan data uraian dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan maka hasil dari nilai chi square (X2) hitung 29,66 lebih besar dari X2 tabel 26,29 dengan tingkat kepercayaan 95%, maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya konsumen merasa puas terhadap kualitas pelayanan TB Bumi Nusantara.
            Dimensi yang mempunyai nilai tertinggi, jumlah konsumen sebanyak 19 orang merasa sangat puas terhadap dimensi Berwujud yaitu lahan parkir yang memadai dan jumlah konsumen sebanyak 87 orang merasa puas terhadap penampilan penjual. Dimensi yang perlu diperhatikan yaitu dimensi jaminan, karena konsumen sebanyak 30 orang merasa cukup puas terhadap kualitas barang dan konsumen sebanyak 1 orang merasa kurang puas terhadap penanganan barang yang rusak, maka dari NIK (Nilai Indeks Kinerja) dapat diketahui bahwa pada umumnya pelanggan merasa puas atas kinerja yang diberikan oleh TB Bumi Nusantara.


5.2 Saran
            Bila TB Bumi Nusantara ingin mendapatkan pelanggan (konsumen) yang lebih banyak lagi dan tetap setia membeli produk yang dijual di TN Bumi Nusantara, TB Bumi Nusantara harus selalu memberikan dan meningkatkan pelayanan yang dapat memuaskan konsumen, dan harus lebih memperhatikan kebutuhan konsumen yang lebih maksimal lagi. TB Bumi Nusantara juga harus lebih memperhatikan kualitas barang dan penanganan penukaran barang yang rusak pada dimensi jaminan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar