Minggu, 03 April 2011

PENGERTIAN PROPOSAL

Nama : VIVIAN
Npm : 11208268
Kelas : 3EA10
Mata kuliah : Softsklill Bahasa Indonesia 2
Tugas Bahasa Indonesia 2

I. LATAR BELAKANG
Memperluas wawasan dapat dilakukan dengan cara mengadakan kegiatan ilmiah. Misalnya seminar atau karya wisata. Sebelum melaksanakan suatu kegiatan, sbeaiknya membuat proposal terlebih dahulu. Proposal adalah usulan untuk melakukan suatu kegiatan. Proposal juga merupakan gambaran awal dari penelitian atau tulisan karya ilmiah yang akan dibuat. Proposal Penelitian terbagi menjadi 4 bagian yaitu:
1. Proposal Penelitian Pengembangan
2. Proposal Penelitian Kajian Pustaka
3. Proposal Penelitian Kualitatif
4. Proposal Penelitian Kuantitatif
Untuk lebih lengkapnya, akan dibahas di bawah ini.

II. PERMASALAHAN
Ada berapa macamkah proposal penelitian ?

III. PEMBAHASAN
Pengertian dari proposal adalah sebuah tulisan yang dibuat oleh si penulis yang bertujuan untuk menjabarkan atau menjelasan sebuah tujuan kepada si pembaca (individu atau perusahaan) sehingga mereka memperoleh pemahaman mengenai tujuan tersebut lebih mendetail. Diharapkan dari proposal tersebut dapat memberikan informasi yang sedetail mungkin kepada si pembaca, sehingga akhirnya memperoleh persamaan visi, misi, dan tujuan. Ada beberapa hal yang biasanya di detailkan dalam proposal bisnis:
a. Penjabaran mendetail mengenai tujuan utama dari si penulis kepada pembacanya.
b. Penjabaran mendetail mengenai proses bagaimana mencapai tujuan si penulis kepada pembacanya.
c. Penjabaran mendetail mengenai hasil dari proses yang telah dijabarkan diatas sehingga mencapai tujuan yang diinginkan oleh si penulis dan juga si pembaca.

Proposal Penelitian dibagi menjadi 4 yaitu:
1. Proposal Penelitian Pengembangan
2. Proposal Penelitian Kajian Pustaka
3. Proposal Penelitian Kualitatif
4. Proposal Penelitian Kuantitati

1. Proposal Penelitian Pengembangan
Kegiatan yang menghasilkan rancangan atau produk yang dapat dipakai untuk memecahkan masalah-masalah aktual. Dalam hal ini, kegiatan pengembangan ditekankan pada pemanfaatan teori-teori, konsep-konsep, prinsip-prinsip, atau temuan-temuan penelitian untuk memecahkan masalah.

Skripsi, tesis, dan disertasi yang ditulis berdasarkan hasil kerja pengembangan menuntut format dan sistematika yang berbeda dengan skripsi, tesis, dan disertasi yang ditulis berdasarkan hasil penelitian, karena karakteristik kegiatan pengembangan dan kegiatan penelitian tersebut berbeda.

Kegiatan penelitian pada dasarnya berupaya mencari jawaban terhadap suatu permasalahan, sedangkan kegiatan pengembangan berupaya menerapkan temuan atau teori untuk memecahkan suatu permasalahan.

2. Proposal Penelitian Kajian Pustaka
Telaah yang dilaksanakan untuk memecahkan suatu masalah yang pada dasarnya bertumpu pada penelaahan kritis dan mendalam terhadap bahan-bahan pustaka yang relevan. Telaah pustaka semacam ini biasanya dilakukan dengan cara mengumpulkan data atau informasi dari berbagai sumber pustaka yang kemudian disajikan dengan cara baru dan atau untuk keperluan baru.

Dalam hal ini bahan-bahan pustaka itu diperlukan sebagai sumber ide untuk menggali pemikiran atau gagasan baru, sebagai bahan dasar untuk melakukan deduksi dari pengetahuan yang sudah ada, sehingga kerangka teori baru dapat dikembangkan, atau sebagai dasar pemecahan masalah.

3. Proposal Penelitian Kualitatif
Penelitian yang dimaksudkan untuk mengungkapkan gejala secara holistik-kontekstual melalui pengumpulan data dari latar alami dengan memanfaatkan diri peneliti sebagai instrumen kunci. Penelitian kualitatif bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis dengan pendekatan induktif. Proses dan makna (perspektif subyek) lebih ditonjolkan dalam penelitian kualitatif.

Ciri-ciri penelitian kualitatif mewarnai sifat dan bentuk laporannya. Oleh karena itu, laporan penelitian kualitatif disusun dalam bentuk narasi yang bersifat kreatif dan mendalam serta menunjukkan ciri-ciri naturalistik yang penuh keotentikan.

4. Proposal Penelitian Kuantitatif
Suatu penelitian yang pada dasarnya menggunakan pendekatan deduktif-induktif. Pendekatan ini berangkat dari suatu kerangka teori, gagasan para ahli, ataupun pemahaman peneliti berdasarkan pengalamannya, kemudian dikembangkan menjadi permasalahan-permasalahan beserta pemecahan-pemecahannya yang diajukan untuk memperoleh pembenaran (verifikasi) dalam bentuk dukungan data empiris di lapangan.

Dalam membuat judul penelitian, beberapa hal yang harus diketahui adalah judul itu harus:
1. Komunikatif, mudah dipahami maksudnya oleh pembaca
2. Memuat variabel penelitian
3. Menjawab apa yang ingin ditingkatkan
4. Dengan cara apa/upaya apa untuk meningkatkannya.
5. Sasaran dan Lokasi tercermin dalam judul
6. Banyak kata sekitar 15-20 kata

Judul penelitian hendaknya singkat dan spesifik tetapi cukup jelas mewakili gambaran tentang masalah yang akan diteliti dan tindakan yang dipilih untuk menyelesaikan atau sebagai solusi terhadap masalah yang dihadapi. Alasan pemilihan judul juga harus:
* Menarik minat
* Layak diteliti
* Bermanfaat bagi masyarakat, dll.

Ada beberapa sistematika penulisan proposal yaitu :
1. Pendahuluan
2. Dasar Pemikiran
3. Tujuan Kegiatan
4. Tema Kegiatan
5. Jenis Kegiatan
6. Target Kegiatan
7. Sasaran / Peserta Kegiatan
8. Waktu dan Tempat Pelaksanaan
9. Anggaran Dana
10. Susunan Panitia
11. Jadwal Kegiatan
12. Penutup

Contoh Proposal Penulisan Ilmiah
PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAPPERUBAHAN HARGA SAHAM PADA PT. INDOFOOD SUKSES MAKMUR.tbk
1.1 Latar Belakang
Dalam menghadapi krisis global yang telah melanda sistim perekonomian negara negara di seluruh dunia, yang dampaknya sangat berpengaruh terhadap usaha bisnis yang berhubungan dengan kegiatan investasi seperti pembiayaan, asuransi, bank, properti dan industri yang terkait dengan ekspor dan impor. Perusahaan dituntut mampu beradaptasi dengan situasi yang dapat mempengaruhi kinerja yang dimiliki perusahaan agar terhindar dari kebangkrutan dan tetap menjaga kelangsungan usahanya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan kebijakan yang menghasilkan efisiensi dan efektifitas. Untuk menerapkan kebijakan tersebut, dibutuhkan dana yang salah satunya dapat diperoleh dengan menerbitkan berbagai surat berharga di pasar modal. Salah satu jenis surat berharga yang paling umum diperjual belikan adalah saham yang merupakan bukti kepemilikan hak atas sebuah perusahaan.
Dibutuhkan kinerja perusahaan yang baik sehingga menarik para investor untuk menanamkan modalnya di perusahaan tersebut. Semakin baik kinerja perusahaan, semakin tinggi laba usaha serta keuntungan yang di peroleh. Selain itu, kinerja yang dicapai oleh perusahaan akan berpengaruh terhadap harga saham dan perubahannya. Semakin baik kinerja perusahaan tersebut, akan berpengaruh terhadap peningkatan harga saham, begitupun sebaliknya.
Oleh karena itu, untuk memastikan kondisi kinerja keuangan perusahaan dalam keadaan baik atau buruk dan pengaruhnya terhadap perubahan harga saham, dilakukan analisis Earning Per Share (EPS), Price Earning Ratio (PER), Return On Asset (ROA) dan Return On Equity (ROE).
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penulis bermaksud menyusun penulisan ilmiah dengan judul “PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAPPERUBAHAN HARGA SAHAM PADA PT. INDOFOOD SUKSES MAKMUR.tbk”
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian di atas, masalah dalam penulisan ilmiah ini diantaranya adalah :
1. Bagaimana menghitung Earning Per Share (EPS), Price Earning Ratio (PER),Return On Asset (ROA) dan Return On Equity (ROE) untuk mengetahui kondisi kinerja keuangan yang telah dicapai PT.INDOFOOD SUKSES MAKMUR.tbk periode 2006-2008 .
2. Apakah terdapat pengaruh dari pertumbuhan Earning Per Share (EPS), Price Earning Ratio (PER), Return On Asset (ROA) dan Return On Equity(ROE) terhadap perubahan harga saham PT. INDOFOOD SUKSES MAKMUR.tbk dalam periode 2006-2008.
1.3 Batasan Masalah
Untuk mendapatkan arah penulisan yang lebih baik sehingga tujuan penelitian dapat tercapai, maka penulis membatasi ruang lingkup permasalahan sebagai berikut :
1. Laporan keuangan perusahaan berupa laporan neraca dan laba rugi perusahaan tahun 2006-2008.
2. Perhitungan yang digunakan adalah Earning Per Share (EPS), Price Earning Ratio (PER), Return On Asset (ROA) dan Return On Equity (ROE).
1.4 Tujuan Penelitian
Tujuan yang hendak dicapai dari penulisan ilmiah ini adalah
1. Untuk mengetahui kondisi kinerja laporan keuangan perusahaan dengan indikatorEarning Per Share (EPS), Price Earning Ratio (PER), Return On Asset(ROA) dan Return On Equity (ROE) pada PT. INDOFOOD SUKSES MAKMUR.tbk periode 2006-2008.
2. Untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan Earning Per Share (EPS), Price Earning Ratio (PER), Return On Asset (ROA) dan Return On Equity(ROE) terhadap perubahan harga saham PT. INDOFOOD SUKSES MAKMUR.tbk dalam peeriode 2006-2008.
1.5 Metode Penelitian
1.5.1 Objek Penelitian
Objek penelitian ini adalah pertumbuhan Earning Per Share (EPS), Price Earning Ratio(PER), Return On Asset (ROA) dan Return On Equity (ROE) dari PT. INDOFOOD SUKSES MAKMUR.tbk yang di peroleh dari Pusat Referensi Pasar Modal, Gedung BEJ Tower lantai II, Jl. Jendral Sudirman kav. 52-53, Jakarta Pusat.
1.5.2 Metode Pengumpulan Data/Variabel
Untuk keperluan penulisan ini digunakan data sekunder yang diperoleh dengan cara melakukan :
• Studi kepustakaan
Pengumpulan data dari berbagai literatur yang berhubungan dengan penulisan ilmiah ini sebagai dasar pengambilan kesimpulan.
• Studi Lapangan
Data diperoleh dari Pusat Referensi Pasar Modal di Gedung BEJ berupa laporan keuangan dan laporan perubahan harga saham.
1.5.3 Alat analisis yang Digunakan
Untuk menguji hipotesis dilakukan secara kuantitatif untuk menghitung apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara pertumbuhan Earning Per Share (EPS), Price Earning Ratio (PER), Return On Asset (ROA) & Return On Equity (ROE) terhadap perubahan harga saham PT, INDOFOOD SUKSES MAKMUR.tbk.
Alat analisis yang digunakan sebagai berikut :
1. Analisis Korelasi Parsial
2. Analisis Korelasi Berganda
3. Uji Regresi secara Simultan (Uji-F)
4. Uji Regresi secara Parsial (Uji-T)
1.6 Daftar Pustaka
Munawir.S, 1995. Analisis Laporan Keuangan, Edisi Empat, Liberty, Yogyakarta.
Habib,Arief, 2008. Kiat Jitu Peramalan Saham, ANDI, Yogyakarta.
Darmadji,Tjipto, dan Fakhruddin,M.Hendy, 2006. Pasar Modal di Indonesia, Edisi Dua, Salemba Empat, Jakarta.
Riyanto,Bambang, 1995. Dasar – Dasar Pembelanjaan Perusahaan, BPFE, Yogyakarta.
J.Fred Weston, dan Eugene F.Bringham, 1993. Manajemen Keuangan, Edisi Ketujuh, Erlangga, Jakarta.
Suwardjono, 2002, Akuntansi Pengantar, BPFE, Yogyakarta.
Suraidah, Dian. 2009. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Price Earning Ratio Saham Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2003-2007. Skripsi FE Universitas Gunadarma.

IV. PENUTUP
Simpulan
Penelitian adalah:
1.Merupakan usaha untuk memperoleh fakta-fakta ataumengembangkan prinsip-prinsip menemukan, mengembangkan,menguji kebenaran.
2.Dengan cara/kegiatan mengumpulkan, mencatat dan menganalisa data informasi/keterangan.
3.Dikerjakan dengan sabar, hati-hati, sistematis dan berdasarkan ilmu pengetahuan dengan metode ilmiah
Proposal penelitian juga merupakan dokumen tertulis yang dibuat untuk mengkomunikasikan kepada pembimbing, penyandang dana, atau sponsor-sponsor penelitian tentang strategi yang akan digunakanpeneliti dalam memecahkan masalah.

Daftar Pustaka
• http://id.shvoong.com/society-and-news/environment/2043788-pengertian-proposal/
• http://ghadizluthu.blogspot.com/2010/06/pengertian-proposal.html
• http://www.scribd.com/doc/7750045/Proposal
• http://www.scribd.com/doc/13768551/Panduan-Penulisan-Proposal-Penelitian
• http://chipa-vanillafa.blogspot.com/2010/05/proposal-penulisan-ilmiah.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar