Tugas Metode Riset (Bab I-V)
Tema : Kepuasan Konsumen
BAB III
METODE PENELITIAN
3.1 Objek Penelitian
Dalam penelitian ini, tentang pengaruh pelayanan yang telah diterapkan oleh TB Bumi Nusantara yang bertempat di Jl. Kaliabang Tengah No. 3, dengan meyebarkan kuesioner kepada para konsumen TB Bumi Nusantara.
3.2 Data/Variabel yang Digunakan
Variabel penelitian ini dikemukakan dalam rangka membantu menjelaskan pokok subyek dan batasan pengertian untuk variabel tersebut. 5 (lima) dimensi yang digunakan yaitu :
a. Kehandalan (Reliability)
Kemampuan untuk memberikan pelayanan sesuai dengan janji yang ditawarakan.
b. Daya Tanggap (Responsiveness)
Kesiagapan karyawan dalam memberikan pelayanan yang cepat dan tanggap kepada pelanggan.
c. Kepastian (Assurance)
Kemampuan karyawan atas pengetahuan produk secara tepat, kualitas keramahtamahan, perhatian dan kesopanan dalam pelayanan.
d. Empati (Emphaty)
Perhatian secara individual yang diberikan perusahaan kepada pelanggan.
e. Berwujud (Tangibles)
Penampilan fasilitas fisik, peralatan, personil, dan materi komunikasi.
3.3 Metode Pengumpulan Data
1. Data Primer
Data yang diperoleh dari penelitian ini diperoleh langsung dari informasi melalui wawancara dan hasil-hasil yang diperoleh dari pengisian kuesioner oleh konsumen TB Bumi Nusantara.
2. Data Sekunder
Penelitian ini menggunakan studi kepustakaan yang diambil dari buku literatur yang akan dijadikan landasan teoritis dalam penelitian ini.
3.4 Hipotesis
Hipotesis adalah jawaban sementara tentang rumusan masalah penelitian yang belum dibuktikan kebenarannya. . Hipotesis yang akan dibuktikan oleh penulis yaitu :
Ho : Konsumen merasa tidak puas terhadap kualitas pelayanan pada TB Bumi Nusantara.
Ha : Konsumen merasa puas terhadap kualitas pelayanan pada TB Bumi Nusantara.
3.5 Alat Analisis yang Digunakan
1. Analisis Deskriptif
Analisis Deskriptif adalah analisis yang didasarkan pada data yang diperoleh dari para responden dan dinyatakan dalam bentuk tabulasi data. Dalam penelitian ini analisis berdasarkan uraian hasil jawaban dari kuesioner yang telah dibagikan kepada konsumen TB Bumi Nusantara.
2. Analisis Kuantitatif
Analisis kuantitatif yaitu analisis dengan mengolah data dari hasil yamg telah dinyatakan dalam satuan angka untuk dianalisis dengan perhitungan statistik terhadap variabel obyek yang diteliti. Untuk lebih jelasnya alat anasisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala Likert dan Chi Square. Skala Likert dilakukan berdasarkan hasil yang diperoleh dari jawaban konsumen, fungsi tabel frekuensi ini adalah untuk mengetahui distribusi dari variabel tertentu dan jumlah konsumen. Sedangkan Chi square merupakan pengujian hipotesis mengenai perbandingan antara frekuensi observasi / yang benar-benar terjadi (Fo) dengan frekuensi harapan / ekspektasi (Fe), yang didasarkan atas hipotesa tertentu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar